Warga Resah Karena Sungai Berminyak, Di Duga Diakibatkan Limbah PT. SB

Sotarduganews, Tanjungbalai — Warga Jalan Kolonel Yos Sudarso, Kelurahan Sei Merbau, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjung Balai, merasa resah dikarenakan sungai berminyak yang diduga dicemari akibat pembuangan limbah PT. Sumatera Baru.

Hal itu di ungkapkan salah seorang warga sekitar yang tidak ingin disebutkan namanya kepada wartawan mengatakan, bahwa sungai disekitar tercemari oleh limbah bekas pengolahan minyak kelapa yang diduga dari PT. Sumatera Baru.

“Saya sangat resah melihat sungai kami hari-hari selalu berminyak bang. Padahal sungai itu masih kami gunakan untuk mandi. Kadang kami terpaksa untuk tidak mandi karena airnya berminyak dan diduga hasil pembuangan pengolahan limbah PT itu bang,” ujarnya.

Pantauan beberapa wartawan dilokasi, Selasa (28/07/2020) siang terlihat PT.Sumatera Baru sedang melakukan pembuangan air yang keluar dari sebuah lobang pipa belakang PT tersebut yang menyebabkan sungai sekitar berminyak.

Seperti yang diketahui, jika perusahaan tersebut sengaja membuang limbah ke sungai maka diancam pidana berdasarkan Pasal 60 jo. Pasal 104 UU PPLH sebagai berikut:

Pasal 60 UU PPLH:

Setiap orang dilarang melakukan dumping limbah dan/atau bahan ke media lingkungan hidup tanpa izin.

Pasal 104 UU PPLH:

Setiap orang yang melakukan dumping limbah dan/atau bahan ke media lingkungan hidup tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 60, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling banyak Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah).

Penulis : gani

Editor. : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.