Untuk Antisipasi Pengangguran IRT Bireuen, Minta Fungsikan Industri Keramik Juli

Sutorduganews, Bireuen — Untuk antisipasi pengganguran terbuka di Bireuen sekitar 3,88 persen, tahun 2019 juga terpuruk kondisi ekonomi masa pandemi virus corona atau Covid-19, pihak ibu rumah tangga (IRT) di Kabupaten Bireuen,minta Pemerintah Kabupaten Bireuen bersama Dinas Ketenagakerjaan Bireuen.

Minta industri mesin keramik di lokasi Dusun Meunasah Baro Gampong Juli Tambo Tanjong, Kabupaten Bireuen, yang sudah jadi besi tua, sekitar tiga puluh tahun lebih terbengkalai, dapat difungsikan kembali,untuk menampung tenaga kerja baik dari kalangan ibu rumah tangga dan warga masyarakat lainnya.

Hal ini dijelaskan sejumlah ibu rumahtangga yang dikonfirmasi hal ini , sehubungan menurut data di Badan Pusat Stasistik (BPS) Kabupaten Bireuen, sekitar 3,88 persen dari angkatan kerja mengalami pengangguran terbuka tahun 2019 itu belum akibat dampak pandemi Covid 19 tahun 2020 ini.

Maka para ibu rumah tangga minta kepada Bupati Bireuen Muzakkar A Gani, untuk segera membangun kembali industri keramik di Gampong Juli Tambo Tanjong, yang sudah cukup lama terbengkalai dan jadi besi tua.

Sebelumnya, industri ini banyak tertampung ibu rumah tangga dan juga anak muda, untuk buat keramik hiasan rumah tangga, sudah tiga puluh tahun lebih, dibiarkan begitu saja, oleh Pemerintah Kabupaten Bireuen.

Begitu pula warga masyarakat, minta kepada Dinas Keternagerja dan Transmigrasi Kabupaten Bireuen, segera menciptakan lapangan kerja kerja seperti membuat jalan padat karya, di berbagai Gampong untuk bisa penampung pengganguran terbuka tersebut, ujar Mahyuddin bersama Hamidah, keduanya warga Kecamatan Juli Bireuen, kepada media ini, Selasa (30/06).

Bupati Bireuen Muzakkar A Gani, melalui Kepala Dinas Ketenagakerja dan Transmigrasi Kabupaten Bireuen Ridwan SH, yang dikonfirmasi hal ini di Kantor nya Selasa(30/06) sekitar pukul 13:15 wib, menurut stafnya yang perempuan bapak hari ini tidak masuk kantor, begitu pula dihubungi via Alat Komunikasi handphone, tersambung tapi tidak dijawab, sampai berita ini dikirim belum bisa terhubung.

Penulis : Rizal Jibro

Editor. : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.