Tim Gabungan TNI-POLRI dan Pemkab Kampar Lakukan Pendisiplinan Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan

Sotarduganews, Kampar — Rabu pagi (19/8/2020), Tim Gabungan dari Polres Kampar bersama Kodim 0313/ KPR dan Jajaran Pemkab Kampar yang tergabung dalam gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, lakukan pendisiplinan masyarakat tentang penerapan Protokol Kesehatan di beberapa fasilitas umum yang ada di Kota Bangkinang.

Kegiatan diawali apel persiapan yang dilaksanakan di depan Posko Penanganan Covid-19 di kawasan Pasar Ramayana Bangkinang, pelaksanaan apel dipimpin langsung oleh Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid, SIK, didampingi Kadis Kesehatan Kabupaten Kampar Dedi Sambudi SKM serta Kabag Ops AKP Rachmad Muchamad Salihi, SIK.

Peserta Apel terdiri dari personel Polres Kampar dan Polsek Bangkinang Kota, Anggota Kodim 0313/ KPR, Anggota Satpol PP Kampar, Petugas Dinas Kesehatan dan PMI Kampar, BPBD Kampar serta Dishub Kampar.

Pada kesempatan ini Kapolres Kampar menyampaikan, bahwa hari ini kita kembali melakukan himbauan dan pendisiplinan kepada masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan, antara lain wajib pakai masker, jaga jarak serta himbauan untuk membiasakan cuci tangan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Mari kita laksanakan tugas ini dengan humanis dengan mengajak serta memberi pemahaman kepada masyarakat, agar mereka dapat mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19, jelas Kapolres.

Selanjutnya Tim Gabungan dibagi menjadi 4 Tim dengan masing-masing sasaran yang berbeda, antara lain kawasan Pasar Ramayana Bangkinang, Kantor Disduk Capil Kampar, Kantor Camat Bangkinang Kota dan Puskesmas Bangkinang Kota.

Para petugas ini selanjutnya melakukan himbauan dan pendisiplinan kepada masyarakat pada lokasi-lokasi yang telah ditentukan tersebut, masyarakat yang tidak memakai masker diminta untuk mengenakannya, dan sebagian lainnya yang tidak memiliki masker diberikan masker oleh petugas yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Untuk pelaksanaan di kawasan pasar Ramayana Bangkinang, petugas juga mendatangi kios-kios para pedagang dan memberikan himbauan kepada para penjual dan pengunjung pasar, untuk selalu memakai masker dan menerapkan physical distancing atau jaga jarak.

Petugas juga membagikan masker kepada beberapa masyarakat yang lupa membawa masker atau yang belum memiliki masker, mereka langsung disuruh memakai masker dan diingatkan untuk selalu menggunakan masker terutama saat keluar rumah.

Pada waktu yang hampir bersamaan, Tim Brimob Polda Riau sebanyak 2 Pleton juga melakukan pendisiplinan masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan di kawasan Kota Bangkinang, mereka melakukan pendisiplinan masyarakat di Kawasan Terminal dan Pasar Bawah serta diseputaran Pasar Atas Bangkinang.

Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK saat dikonfirmasi terkait kegiatan ini menyampaikan, bahwa penerapan protokol kesehatan merupakan faktor terpenting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, untuk itu kita harapkan seluruh lapisan masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan ini agar Pandemi Covid-19 segera berakhir, jelasnya.

Penulis : hms/rano

Editor : red

Mungkin Anda Menyukai