Tiga Dusun Terendam Banjir, 215 Rumah di Kecamatan Lape Tergenang

Sotarduganews, Sumbawa NTB — Sebanyak 215 rumah di desa Kuris Kecamatan Lape Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat, terendam air dengan ketinggian mencapai ketinggian antara 50 – 70 cm. Pasalnya hujan deras dengan intensitas tinggi menyiram Kabupaten Sumbawa sejak pukul 14.15 s/d 21.19 pada Rabu (06/01/2021) sore menyebabkan 215 rumah teredam air.

Kejadian ini tidak menelan korban berkat sigabnya aparat Polri dan TNI bersama warga yang segera mengevakuasi para korban teredam banjir. Namun kerugian materi di perkirakan ratusan juta rupiah.

Menurut Kepala Desa Kuris, sedikitnya tiga dusun terendam, dusun Ai Mual 120 Rumah, Dusun Kenanga 35 Rumah sementara Dusun Kuris sebanyak 35 Rumah. “Jalan menuju Desa Kuris lumpuh Total akibat Luapan sungai kiriman banjir dari sederet gunung yang ada di sekeliling desa”, tuturnya.

Atas kejadian ini, juga sebelumnya Kepala Desa Kuris menghimbau kepada seluruh warganya untuk tidak menebang kayu sembarangan. Akan tetapi diakuinya bahwa dengan adanya program sejuta ton jagung untuk desanya, menjadi pemicu terjadinya pemangkasan hutan besar- besaran.

Penulis: Junaidi messa
Editor. : bernad

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.