Tahun ini, Peternak Ayam Telur Bakal Terima Bantuan 4000 Ekor Bibit Ayam

Sotarduganews, Morotai — Dinas Pertanian Kabupaten Pulau Morotai pada tahun ini bakal melakukan pengadaan bibit ayam sebanyak 4000 ekor. Guna diberikan ke peternak ayam di SP I. Untuk memenuhi kebutuhan pasar soal telur ayam.

“Saat ini peternak ayam petelur di Morotai hanya mampu menyiapkan 1.500 telur perhari untuk kebutuhan pasar di Morotai,” Ungkap Kadis Pertanian Morotai, M Rizal, saat di wawancarai awak media. Senin, 13 Januari 2020.

Padahal, menurutnya kebutuhan pasar Morotai untuk telur ayam perhari sangat besar. Yakni mencapai 6000 butir perhari. Otomatis persediaan yang ada tidak mencukupi melayani kebutuhan pasar. Pada ahirnya, saat ini sebagian telur ayam masih di datangkan dari Manado Sulawesi Utara.

Demikian juga Kata dia, bibit ayam petelur juga masih kurang. Karena, yang ada saat ini di peternak baru 2000 ekor. Kita masih membutuhkan bibitnya 4000 ekor untuk memenuhi kebutuhan pasar.

“Di-tahun ini kami akan menambahkan bibit ayam petelur sebanyak 4000 ekor menggunakan sumber dana DAU. Untuk di serahkan kepada peternak ayam di Desa Morodadi SP I Kecamatan Morotai Selatan,” Katanya

Lanjutnya, sehingga kedepan kita dapat memenuhi kebutuhan pasar Morotai dan tidak mendatangkan lagi telur ayam dari luar Morotai karena, kita juga sudah mampu menyediakan untuk memenuhi kebutuhan pasar setiap hari.

“Bahkan target Pemda melalui Dinas Pertanian pada tahun 2022 Kabupaten Pulau Morotai telah swasembada telur ayam.” Pungkasnya.

Penulis : oje

Editor. : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.