Saat Musim Kemarau Air Waduk Cot Laot Peudada Bireuen Kering

Sotarduganews, Bireuen — Waduk berlokasi di Gampong Cot Laot, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, air kering sebelah Timur berair sudah digali, dimanfaatkan untuk mancing.

Hal ini disampaikan sejumlah petani dan warga setempat,yang dihubungi media ini, Kamis Sore (23/01/20) menyebutkan bahwa sejak musim kemarau,Waduk Cot Laot, mengalami kering air dan ada juga masih berair, karena sudah digali, air hujan dan mata air cukup.

Waduk Cot Laot menurut warga luas sekitar 37 hektar, sewaktu hujan penuh digunakan petani untuk tanam padi pada tujuh Gampong. Dengan kering air ini, petani mengalami kesulitan, sebut Muhammad (56), warga Gampong Cot Laot.

Ada sekitar satu hektar, yang sudah digali oleh Pemerintah Kabupaten Bireuen masih ada air kini digunakan warga untuk mancing ikan pakai perahu, sisanya sudah kering airnya, sumber petani tanam padi musim rendengan ini.

Agar tidak kering air, Waduk Cot Laot Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen ini harus digali atau dikeruk seluruh areal Waduk, selain air dimanfaatkan petani tanam padi juga mancing, tempat pariwisata air, ungkap Tgk Muhammad bersama sejumlah petani di lokasi itu.

Keusyeik Gampong Cot Laot bersama Camat Kecamatan Peudada di kantor tidak berhasil dijumpai untuk minta keterangan  tentang  waduk tersebut yang pasti waduk ini sumber kehidupan warga masyarakat setempat, perlu segara digali agar tidak kering air, tambah warga.

Penulis : Rizal Jibro

Editor : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.