Rehabilitasi Kawasan Hutan Lindung KPH Pulau Morotai Tanam 100 Ribuh Lebih Pohon

Sotarduganews, Morotai — Untuk rehabilitasi Kawasan hutan lindung Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pulau Morotai mulai melakukan tahapan penanam pohon sebanyak 100 ribu pohon lebih.

Pananaman pohon sebanyak 100 ribu itu di fokuskan pada daerah kawasan hutan lindung seluas 200 ha yang terletak di Desa Sopi Majiko Kecamatan Morotai Jaya Pulau Morotai kata Plh. Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KKPH) Pulau Morotai Ismit Bilo kepada wartawan senin, (29/06/2020).

Menurutnya, ada beberapa jenis bibit tanaman yang sementara di tanam pada kawasan itu diantaranya pala, cengkeh, durian dan beberapa jenis kayu.

Karena, di kawasan tersebut kebutulan sudah terlanjur masyarakat berkebun makanya tanamannya sudah fleksibel tidak semuanya pohon kayu yang di tanam katanya.

“Jadi tanamannya disesuaikan dengan kebutuhan yang dimintah oleh masyarakat sehingga ada jenis tanaman pala, cengke, durian dan beberapa jenis kayu yang di berikan”. terangnya.

“lanjutnya Kalau yang di tanam semuanya kayu juga sulit karena, begitu kayu besar pasti di tebang juga tapi, kalau jenis tanaman cengke, pala dan durian pasti yang di ambil hasilnya pohonya kan pasti di jaga” ujar Ismit.

Sementara, untuk bibit pohon yang di tanam di sediakan langsung oleh kementrian Kehutanan melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) keseluruhan sudah termasuk pala, cingkeh, durian dan beberapa jenis kayu sebanyak 100 ribu pohon lebih.

Dia, menambahkan sistem penanamannya apabila kawasan yang telah di tentukan untuk di rehabilitasi itu sudah ada yang berkebun maka akan di serahkan ke pemilik lahan kebun yang menanam, jika lahan itu belum ada yang menggarap maka ada kelompok yang telah di bentuk yang melakukan penanaman dan apabila ada hasilnya di kembalikan ke mereka.

Penulis : oje

Editor. : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.