Raja Thailand YM Rama X Berikan Amnesti, Segera Pulang 51 Orang Nelayan Aceh Timur

Sotarduganews, Banda Aceh — Sekitar 51 orang nelayan Aceh Timur yang terdampar di Thailand, Januari  dan Februari 2020, saat mesin boat mareka rusak ditangkap di negara itu sudah diberikan Amnesti dalam beberapa hari ini sudah bisa pulang ke Aceh.

Hal ini disampaikan Ketua DPP Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Pusat Rizal Damanik bersama Ketua DPD KNTI Provinsi Aceh Azwar Anas dalam keterangan kepada media ini, Minggu (13/09), Para nelayan Aceh Timur yang terdampar pada Januari 2020, terdiri 30 nelayan dewasa dan 3 nelayan anak anak dibawah umur.

Pada Februari 2020, terdampar pula nelayan Aceh Timur, sekitar 21 orang nelayan juga terdapat 3 anak anak dibawah umur pula ditangkap dan menjalani hukuman penjara, setelah diputuskan Hakim Pengadilan Phang Ngah dalam rangka Hari Ulang Tahun Raja, Juli lalu.

Mendapatkan Amnesti atau pengampunan hukuman di Penjara Phang Ngah, kini sudah berada atau dipindah ke tempat Pusat Detensi Imigrasi Bangkok Thailand.

Selanjutnya akan dipulangkan ke Tanah Air dengan Pesawat Terbang Jakarta lalu ke Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, dalam waktu dekat ini, sebut Azwar Anas.

Amnesti  yang diberikan Raja Thailand ini, berkat kerja keras  Dari KJRI  di Songkhla Negara  Thailand bersama  Depertemen Luar Negeri RI dan juga  DPP Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia, di Jakarta.

Terkait kepulangannya atau reparasi 51 orang nelayan,akan mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19, dari Bangkok Sampai  Ke Indonesia Jakarta dan Provinsi Aceh bahkan sampai tujuan  Aceh Timur untuk berkumpul bersama  keluarga.

Bagi Ketua DPP KNTI Pusat di Jakarta  Rizal Damanik  bersama  Ketua  DPD KNTI  Aceh Azwar Anas, sangat  berterima kasih  kepada semua pihak yang telah membebaskan nelayan kita Aceh Timur juga 69 orang  nelayan Aceh dan Belawan  Medan Sumatera Utara, di Pulau Andaman India, segara bisa pulang  ke Aceh, Insya Allah terus kita usahakan, ujar Azwar Anas, terharu juga berkat media ini membantu kami.

Penulis : Rizal Jibro

Editor : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.