Penyerahan Hewan Korban Pemda Terhadap Para Imam Kab. Pulau Morotai

Sotarduganews, Morotai — Pemda Pulau Morotai menyerahkan 202 ekor Hewan Kurban Sapi kepada para Imam se-Kabupaten Pulau Morotai, penyerahan kurban tersebut berlangsung di Lapangan MTQ Desa Darame. Selasa (28-07-2020)

Penyerahan hewan kurban di awali dengan Doa yang dibawakan oleh Ketua NU Pulau Morotai.

Ketua Penyelenggara Hewan Kurban, Kepala Bagian Kesra Kabupaten Pulau Morotai, Sharil Totona, pada laporannya mengatakan bahwa jumlah hewan korban berdasarkan datanya ssbanyak 202 ekor sapi.

202 ekor sapi nanti akan didistribusi ke 56 desa dengan jumlah masing-masing variatif karena sesuai dengan jumlah penduduk desa.

Rinciannya, Bupati Morotai 10 ekor, DPRD Morotai 10 ekor, Polres 10 ekor, Wakil Bupatu 5 ekor, Sekda 3 ekor, Lanal 5 ekor, Lanud 5 ekor, Kodim 5 ekor, Kejari 5 ekor, PKK 5 ekor, Darmawanita 5 ekor, Pelaku Usaha 5 ekor, BRI 5 ekor, BNI 5 ekor, Bank BPD 5 ekor, BPS 5 ekor, BPM 5 ekor, BPJS 5 ekor, BPN 5 ekor, SKPT 5 ekor, Bandara 5 ekor, Kantor Pelabuhan Feri 5 ekor, Balai Karantina 5 ekor, Kementerian Agama 5 ekor, Sabandar 5 ekor, Polsek Morotai Selatan 5 ekor, Satgas Tenaga Kerja 5 ekor, BPTS 5 ekor, Telkom 2 ekor, Molokai 5 ekor, Pintas 5 ekor, Golkar 1 ekor, Nasdem 1 ekor, PDIP 1 ekor, PKB 1 ekor, Perindo 1 ekor, Hanura 1 ekor dan sisanya kurang lebih 26 ekor sapi dari Pemda Morotai.

Sambutan Kemenag Morotai, mengatakan tiga hari kedepan kita telah memasuki hari raya Idul Adha 1441 H tepatnya pasa hari jumat 31 Juli 2020, Hari raya idul adha merupakan juga hari raya kurban dan sangat luas biasa Pemda Morotai menyumbang 202 hewan sapi untuk 56 desa yang ada di Kabupaten Pulau Morotai.

Hal ini kalau di hitung nilai pahalanya melampaui apa yang di syariatkan islam karena hukum mengeluarkan kurban yaitu 1 ekor sapi untuk 7 orang dan kalai yang sanggup bisa 1 orang 1 ekor sapi dan juga 1 ekor sapi itu berlaku untuk 1 keluarga.

Bahkam kalau ada yang sanggup saja, 1 ekor kambing sudah berlaku 1 keluarga dan ini sangat luar biasa kalau 202 ekor, seperti apa yang disampaikan Imam NU dalam doanya, bahwa pahalanya apa yang di hitung yakni buluhnya dan kalau mengikuti sunah rasul maka dibawa Pimpinan Bupati Morotai dan semua yang hadir disini sangat luar biasa, semoga yang menyubang banyak masuk surga.

Sesunggunya esensi dari kurban bukan karena dagingnya di bagi-bagi, tapi kurban ini adalah bagimana kita meneruskan apa yang menjadi persistiwa pada saat Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail SWT dimana perintah Allah SWT.

Oleh karena itu, saya selaku masyarakat dan Pemda memberikan apresiasi yang luar biasa kepada bapak Bupati Morotai, Pimpinan dan Anggota DPRD, Forkompimda, Pimpinan OPD dan seluruh instansi yang telah menyumbang 202 sapi pada hari Raya Idul Adha 1441 H, semoga apa yang dikurbankan ini akan menjadi nilai ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Sambutan Bupati Morotai, Benny Laos mengatakan sore hari ini sengaja dibuat agenda karena saya mengingkan kepada Desa Binaan dan saya titip kepada para Imam supaya jangan terjadi lagi seperti tahun lalu.

Tahun lalu hewan kurban sebanyak 205 ekor sapi, tetapi saat proses pembagian masih ada desa yang komplen bahwa sebagian tidak dapat, ada keluarga yang berhak tapi tidak dapat, oleh sebab itu pesan saya tolong jangan terjadi sama seperti tahun lalu.

Saya harap, 202 ekor Kurban ini bisa sampai dan diberikan kepada saudara-saudara kita yang betul-betul berhak mendapatkannya. Disamping itu patut kita ucapkan terima kasih kepada Panitia, Ibu Asisten III Kantor Bupati dan Kepala Bagian Kesra Morotai semoga tahun depan lebih banyak lagi.

Penyerahan hewan kurban ini telah menunjukan solidaritas Pemda, DPRD, TNI-Polri, seluruh unsur lembaga, Kementerian, Pengusaha telah bersatu padu untuk menjadikan hari raya kurban kali ini di Pulau Morotai lebih bermanfaat.

Harapan saya, sinergitas, kekompakan ini bukan sekedar pada hari raya kurban, dan penyerahan hewan kurban hari ini bukan semata2 sebuah simbolis tapi saya mwngajak kepada semua yang hadir, seluruh organisasi, seluruh partai politik, seluruh unsur pimpinan lembaga, seluruh imam di Pulau Morotai mari dengan hari raya kurban ini kekompakan dan solidaritas kita yang telah kita satukan melalui kurban hari ini terus kita tingkatkan dan kita implementasikan kepada masyarakat.

Setelah penyerahan kurban, Bupati Morotai juga menyampaikan bahwa ada 5 ekor hewan kurban yang merupakan sumbangsi dari PWI Maluku Utara.

Penulis : oje

Editor. : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.