Pemkab Kampar Dukung Pelaku Usaha Mikro dan Kecil, Sekda Sampaikan Kiat UMKM Sukses

Sotarduganews, Kampar — Dalam membuka suatu Usaha Menengah Kecil (UMK), para pelaku usaha saat ini diharapkan harus cerdas dalam memilih usaha yang memiliki pangsa pasar yang luas.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto, SH yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri, M.Si saat membuka Pelatihan Kewirausahaan Angkatan II Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMK Kab. Kampar yang dilaksanakan di aula Hotel Bangkinang Baru, selasa (10/11/20).

Lebih lanjut Yusri menjelaskan, sejauh kini kita akui masyarakat telah banyak yang sukses dalam bidang usahanya, akan tetapi dalam hal pemasaran para pelaku usaha masih banyak mendapat kendala. Untuk itu pelaku usaha dituntut agar bisa membaca situasi pasar atau pemasaran, ini adalah salah satu kiat untuk suksesnya UMKM khususnya di kabupaten Kampar.

Selain pemasaran, pelaku usaha juga dituntut untuk bisa mencintai usaha tersebut. Apabila pelaku usaha mencintai usaha tersebut, dengan modal nolpun yakinlah usaha tersebut akan berkembang. Buka usaha jangan hanya coba-coba, apalagi buka usaha yang diawali dengan pinjaman bank.“ terang Yusri”.

Selanjutnya Yusri juga berharap kepada dinas koperasi, setelah dilaksanakan pelatihan ini agar terus diberikan pendampingan dengan baik, berikan inovasi terbaru, berikan usaha yang memiliki peluang pasar serta pendampingan perizinan usaha.

Disisi lain kepala dinas Perdagangan, Koperasi dan UMK kabupaten Kampar Afrizal,S,Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa dampak usaha dari Pandemi Covid-19 luar biasa terhadap pelaku usaha. Dalam hal inipun Kementrian Koperasi melalui dinas koperasi provinsi dan kabupaten telah meyalurkan bantuan UMKM sebesar Rp 2,4 juta/pelaku usaha.

Kepala Bidang Pemberdayaan UMK Elly Yudia selaku ketua panitia pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pelatihan Kewirausahaan Angkatan II diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 10 s/d 12 November 2020. Dimana kegiatan yang dipusatkan di Hotel Bangkinang Baru yang diikuti sebanyak 28 orang per gelombang dari 21 kecamatan se kabupaten Kampar.
Penulis : rls/rano
Editor : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.