Pemakaian Masker di Bireuen, Masih Belum Membudaya

Sotarduganews, Bireuen — Hasil opservasi di Kota dan Gampong, pemakaian masker wajah untuk melindungi kasus pandemi virus corona atau Covid-19, di Kabupaten Bireuen belum budaya bagi warga di sana, padahal Pemerintah Provinsi Aceh dan Bireuen.

Telah lama mengimbau kepada warga masyarakatnya setiap keluar rumah bersama keluarga harus pakai masker, untuk melindungi mareka dari wabah ini, sebut Samsul, warga Kota Bireuen,kepada media ini, Minggu (06/09).

Padahal Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, berbagai cara telah melakukannya upaya bercegahan merebaknya kasus virus corona atau Covid-19 ini,juga berbagi intansi pemerintahan.

Kasus positif Covid-19 di Aceh, dikutip dari selebaran Pemerintah Provinsi Aceh, Periode Maret sampai 26 Agustus 2020, jumlah kasus 1292 naik tajam dari 980 kasus, sehingga Pemerintah Provinsi Aceh,mengadakan gebrak masker Aceh (gema),pada 04 September 2020.

Ingat Covid ingat masker, tambah Samsul, tapi upaya ini masih disiasiakan warga, masker sudah di bagi, tapi belum budaya memakainya baik menggunakan jalan kaki, naik sepeda motor dan mobil, diharapkan semua warga untuk segara pakai masker wajah, agar terlindung dari musibah ini.

Walaupun ajal kematian sudah ditentukan Allah SWT, ikhtiar untuk melindungi dari serangan kasus pendemi virus ini, sangat wajib setiap manusia, ujar Tgk Samsul, juga salah seorang pengurus tempat sarana  ibadah di Bireuen.

Yang paling ironi lagi saat berkumpul bersama kawan atau teman tidak jaga jarak,di warung kopi, pasar rakyat dan supermarket untuk cegah Covid-19 melalui 3m Mem,akai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan,telah lama dihimbau Pemerintah Provinsi Aceh dan Bireuen, pungkas Ishak Marwan, warga Gampong Juli. Bupati Bireuen Muzakkar A Gani dan Kepala Dinas Kesehatan Bireuen Irwan, selalu mengingatkan warganya pakai masker.

Penulis : Rizal Jibro

Editor : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.