Pantau Perekonomian di Wilayah, Babinsa Koramil 09/Sosa Lakukan Survey Harga Sembako

Sotarduganews, Palas — Babinsa Koramil 09/Sosa Kodim 0212/TS, Serda Zulham Siregar dan Koptu Bahrun Wali melaksanakan pengecekan harga sembako yang ada di pasar tradisional Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas) Minggu (01/03/2020).

Kegiatan monitoring/pengecekan yang dilakukan oleh Babinsa tersebut, merupakan arahan Komandan Koramil 09/Sosa Kapten Arh Saleh Hasibuan, agar seluruh Babinsa melaksanakan monitoring terhadap perkembangan harga Sembako yang ada diwilayah Koramil 09/Sosa terutama stok sembilan bahan pokok yang ada di pasar-pasar tradisional menjelang datangnya bulan suci Ramadhan yang kurang lebih sebulan lagi.

“Hal ini kita lakukan untuk menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat terutama harga-harga yang mengalami kenaikan misalnya Cabai, Bawang merah dan harga Daging Sapi dalam rangka deteksi dini agar harga tidak melonjak secara drastis dengan menjaga pasokan dari pasar-pasar induk demi terwujudnya ketahanan pangan nasional,” ungkap Serda Zulham.

Babinsa Koramil 09/Sosa, Koptu Bahrun wali dalam komunikasi dengan para pedagang yang ada di pasar meminta supaya para pedagang tidak menaikkan harga secara sepihak, walaupun pasokan barang berkurang agar daya beli masyarakat tidak berkurang.

ditempat terpisah Danramil 09/Sosa Kapten Arh Saleh mengatakan, Pasar Ujung Batu merupakan sentral perekonomian masyarakat di Kecamatan Sosa dan sekitarnya.

“Untuk itu perlu adanya pemantauan atau pengecekan harga Sembako di pasar tradisional di wilayah Koramil 09/Sosa yang bertujuan untuk membantu pemerintah menstabilkan harga sembako di pasar,” ujarnya.

Pasar tradisional Ujung Batu terdapat ratusan pedagang dari pedagang ruko, kios-kios dan lapak-lapak. Pasar Ujung batu juga merupakan pasar Induk yang menjadi perbandingan harga Sembako di pasar pasar lainnya di Kabupaten Padang Lawas.

Lebih lanjut Danramil menambahkan, selain pengecekan harga sembako dalam kegiatan juga di monitoring berupa kesiapan ataupun jumlah ketersediaan bahan pokok yang tersedia di Pasar Ujung batu menjelang datangnya bulan puasa. Untuk saat ini pengecekan harga Sembako yang di lakukan oleh Babinsa Koramil 09/Sosa terbilang stabil dan stok mencukupi dari daging sampai sayur mayur.

Salah satu pedagang sembako Bapak Safarudin Hasibuan (39) mengatakan untuk sekarang ini harga sembako di wilayah Sosa masih dalam kondisi relatif stabil belum ada kenaikan harga yang signifikan menjelang bulan puasa ini. Dia berharap agar pemerintah dapat membuat harga stabil menjelang bulan puasa sampai lebaran nantinya agar daya beli masyarakat tidak berkurang.

Penulis : irul

Editor. : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.