Kerjasama Indonesia-AS Perlu Ditingkatkan

Jumat /17/01/2020
Sotarduganews, Jakarta — Amerika Serikat (AS) merupakan mitra strategis Indonesia. Untuk itu kerjasama Indonesia-AS perlu ditingkatkan.

“Kerjasama yang sudah terbangun dengan baik antara Indonesia dan Amerika Serikat perlu terus dijalin dan ditingkatkan, karena Amerika Serikat adalah mitra strategis untuk bekerjasama,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K. H Ma’ruf Amin ketika menerima Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Republik Indonesia H.E. Joseph R. Donovan Jr di Kantor Wapres, Jl. Merdeka Utara No.15, Jakarta, Senin (17/1/2020).

Lebih jauh Wapres berharap kerjasama Indonesia-AS dapat dikembangkan di berbagai bidang, terutama di bidang perdagangan.

“Kita menginginkan yang selama ini mencapai hampir USD 30 Milyar dapat dilipatgandakan menjadi USD 60 Milyar,” harapnya.

Selain itu, Wapres menjelaskan bahwa salah satu prioritas Pemerintah Indonesia dalam lima tahun ke depan adalah membagun SDM yang unggul. Untuk itu, Wapres mengharapkan adanya kerjasama dengan AS untuk mendukung program ini, seperti kerjasama di bidang teknologi, komunikasi, energi dan lain-lain.

Tak kalah pentingnya, Wapres menekankan bahwa Indonesia terus melakukan upaya-upaya penanggulangan radikalisme dan terorisme.

“Kami terus menjaga stabilitas nasional supaya bisa membangun dengan baik. Ini merupakan tantangan global,” seru Wapres.

Dalam pertemuan singkat itu, Wapres juga mengajak AS untuk bersama-sama menjaga kedamaian dunia.

“Sebaiknya semua persoalan diselesaikan dengan dialog,” pesannya.

Di akhir pertemuan, Wapres mengucapkan terima kasih kepada Dubes Donovan yang memasuki masa akhir jabatannya, atas semua program yang telah dijalankan.

“Saya menyampaikan apresiasi atas apa yang dilakukan selama menjadi Duta Besar di indonesia. Mudah-mudahan Anda selalu sukses dalam melaksanakan tugas yang baru,” tandasnya.

Sebelumnya, Dubes Donovan menyampaikan pamit seiring dengan berakhirnya masa tugasnya di Indonesia sebagai Duta Besar Amerika Serikat.

“Kami percaya bahwa Indonesia adalah negara yang demokratis dan makmur. Apabila Indonesia kuat, itu tidak hanya baik bagi Indonesia, tetapi juga untuk dunia. Oleh karena itu, kebesaran Indonesia adalah hal yang sangat penting bagi Amerika Serikat,” tegasnya.

Terkait terorisme, Donovan menuturkan bahwa Amerika Serikat memandang terorisme sebagai masalah yang besar.

“Karena baik Indonesia maupun Amerika Serikat sudah pernah menjadi korban terorisme. Saya yakin bahwa kami sudah melakukan pendekatan berbasis penegakan hukum untuk melawan terorisme,” ungkapnya.

Senada dengan Wapres, ia juga mencatat bahwa kerjasama Indonesia dan Amerika Serikat perlu terus dilakukan.

“Hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat juga hal yang sangat penting. Kesejahteraan kedua negara merupakan hal yang penting. Hubungan ini merupakan sebuah kemitraan,” pungkasnya.

Hadir bersama Dubes Joseph R. Donovan Harya Bimasena. Sementara Wapres Ma’ruf Amin didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, dan Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan Mohammad Iqbal.

Sumber : Istana Wakil Presiden

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.