Kepala Puskesmas II Juli Bireuen, Jelaskan Soal Carona di Masjid Taqwa

Sotarduganews, Bireuen — Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) II Juli, menjelaskan soal virus carona pada jama’ah Masjid Taqwa Muhammaddiyah Juli, Jalan Lintas Bireuen Takengon Km 04 Juli, Rabu Malam (04/03/20).

Menurut dr Taufik, kasus corona  sekarang ini cukup meresahkan warga masyarakat di seluruh dunia,karena banyak terjadi kasus ini mengalami kematian, gejala demam, sesak napas, batu pilek di kerongkongan.

Penyakit corona empat belas hari penyakit demam dan batuk, dicurigakan bahwa ada gejala virus itu dan harus di isolasi pada suatu tempat, untuk Rumah Sakit rujukan kasus carona di Provinsi Aceh Rumah Sakit Umum Cut Mutia Lhokseumawe dan Rumah Sakit Umum Zainal Abidin Banda Aceh.

Mencegah dengan cara isolasi dan pemeriksaan pasien secara ketat, kalau di Kabupaten Bireuen bagi pasien kepada rumah sakit umum dr Fauziah Bireuen sudah bisa dilakukan karena sudah tersedia ruangan isolasi dan mobil ambulance khusus, ujar Taufik.

Pencegahan virus corona cuci tangan pakai sabun, pakai masker yang banyak kerumunan masyarakat, hati hati berhubungan hewan tertentu, olahraga, perlu diingat tutup mulut yang benar.

Gerakan  masyakarat sehat, banyak minum air putih, bila ada keluarga yang di curigai segera melaporkan kepada petugas kesehatan terdekat,ada seorang jamaah menanyakan  banyak kelelawar di pohon dekat rumah, bagai mana antisipasi, menurut Taufik, tidak apa apa cuci tangan dan pakai masker.

Di masjid harus ada tempat cuci tangan dan harus disediakan sabun antiseptik, dalam penanganan secara baik bagi para jama’ah, oleh sebab itu para jama’ah  harus jaga kesehatan, banyak makan buah dan minuman air putih.

Penulis : Rizal Jibro

Editor : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.