Jaringan Jalan Garuda Gunakan Pipa PVC Salahi Aturan

Sotarduganews Sumbawa NTB — Jaringan sambungan pemasangan pipa untuk warga masyarakat seputaran kota di jalan Garuda menyalahi aturan. Pasalnya bahan bakunya menggunakan pipa Pvc, yang semestinya menggunakan material berbahan GIP ( Pipa Besi ).

Sekda Sumbawa, Drs. Hasan Basri

Demikian dikatakan Candra, staf cabang Perumda Kecamatan Moyo Utara, Jumat 10 Juli 2020 di ruang kerjanya. Candra menyatakan pihaknya tidak punya hak untuk menegur pelaksana terkait masalah pemasangan jaringan pipa yang diperuntukkan warga masyarakat kota. Paling tidak Asisten II bidang pembangunan yang memiliki hak pengawasan penyambungan pipa Perumda untuk menegur mereka.

‘’Ini suda menyalahi teknis. Sayangnya saya tidak punya hak untuk menegur pelaksana terkait masalah pemasangan jaringan pipa yang diperuntukkan warga masyarakat kota. Ya paling tidak Asisten II bidang Pembangunan, hak pengawasan penyambungan pipa Perumda di maksud’’, tegas mantan devisi perencanaan/ teknis Perumda Sumbawa.

Chandra, mantan Divisi Teknis/Perencanaan Perumda

Candra mengklaim pemasangan pipa Pvc tidak akan bisa bertahan lama karena pergerakan dan getaran tanah. Pasalnya jalan Garuda merupakan jalan utama, intensitas pengguna jalan sangat padat dengan berbagai jenis kendaraan mulai dari roda dua, kendaraan pribadi bahkan teronton melintas di area jalan itu. Akibat dari getaran dan beban jalan yang sangat besar, tidak menutup kemungkinan pipa Pvc yang digunakan akan mengalami retak dan pecah.

‘’Pemasangan pipa Pvc kami jamin tidak bisa bertahan lama, dikarenakan pergerakan dan getaran tanah. Jalan Garuda merupakan jalan utama, intensitas pengguna jalan sangat padat dengan berbagai jenis kendaraan mulai dari roda dua, kendaraan pribadi bahkan teronton yang melintas di area jalan Garuda. Akibat dari getaran dan beban jalan yang sangat besar tidak menutup kemungkinan pipa Pvc yang digunakan akan mengalami retak dan pecah’’, paparnya.

Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM kepada Sotarduganews via poncel beberapa waktu lalu mengakui ikhwal pemasangan sop pipa Pvc tersebut. Menurut Sekda pemasangan pipa Pvs tersebut dalam rangka pelebaran ruas jalan utama di jalan Garuda Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Terhadap komplain warga atas penggunaan pipa yang tidak sesuai, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Instansi terkait untuk segera meninjau kembali.

‘’Mengenai komplain warga terhadap penggunaan sop pipa Pvc, yang seharusnya pipa Gip ( pipa berbahan besi ), akan segera kami koordinasi dengan Asisten II bidang Pembangunan, termasuk Instansi terkait untuk segera meninjau kembali’’, papar sekda menjanjikan.

Penulis : Junaidi Messa
Editor : bernad

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.