Irsan : Pendamping Desa Diharapkan Bisa Mengedukasi

Sotarduganews, Padangsidimpuan Sumut – Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknik Desa (P2KTD) dan Rapat Koordinasi PID Kota Padangsidimpuan tahun 2018, narasumber dalam sosialisasi ini dari KPW Wilayah I Provinsi Sumatera Utara dan Tenaga Ahli P3MD Kota Padangsidimpuan, sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Sitamiang Padangsidempuan, Sabtu (17/11/2018).

Dalam kata laporannya panitia menjelasakan tentang sosialisasi ini dimana sangat pentingnya P2KTD dalam pelaksanaan Undang-undang Desa serta mempersiapkan penyusunan profil P2KTD dalam mendukung PID, serta perencanaan kegiatan pelaksanaan Program Inovasi Desa tahun anggaran 2018 dan konsolidasi rencana kerja tindak lanjut masing-masing Tik dan TPID.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, dalam kata sambutannya menjelaskan tentang Undang-undang No. 6 tahun 2014 tentang desa.Dalam Undang-undang tersebut menerangkan bahwa desa mempunyai kewenangan, dimana kewenangan tersebut berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala Desa. Pada Undang-undang tersebut Pemerintah berupaya meningkatkan kapasitas keuangan Desa, khususnya melalui tranafer Dana Desa guna meningkatkan kesehjahteraan masyarakat Desa.

“Akan tetapi kapasitas Desa dalam menyelenggarakan pembangunan dalam perapektif, “Desa Membangun disadari masih memiliki keterbatasan”. ujarnya.

Menurut Walikota Padangsidimpuan keterbatasan itu tampak dalam kapasitas Aparat Pemerintahan desa dan masyarakat, kualitas tata kelola Desa,maupun sistem pendukung yang diwujudkan regulasi dan kebijakan Pemerintah yang terkait dengan Desa.

“Sebagai dampaknya kualitas perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemanfaatan kegiatan pembangunan Desa kurang optimal dan kurang memberikan dampak terhadap peningkatan kesehjahteraan masyarakat Desa”. paparnya.

Program Inovasi Desa (PID) hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas Pemanfaatan Dana Desa (DD) dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan Desa.

“Progaram Inovasi Desa sangat membantu Desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa secara bekualias, agar dapat meningkatkan prodiktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing, inovasi akan membuat perusahaan besar bagi Desa”. Jelasnya.

Reporter : Ucok/Red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.