Imum Chiek Peusijuk Gudang Gampong Geudong Bireuen, Penyimpanan Aset

Sotarduganews, Bireuen — Prosesi pelaksanaan Peusijuk (Tepungtawar) Gudang Penyimpanan barang milik aset Gampong berlokasi di Geudong-Geudong lorong pertama Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen Minggu , 19 April 2020 khidmad dan sukses sebagai wujud penggunaan secara resmi.

Peusijuk dilaksanakan Teungku Imum Chik Kemukiman Geudong Teungku Zulfikkri bersama Teungku Imum Gampong dan Tuha Peut bidang keagamaan Teungku Jafaruddin M Saleh dan Ketua BKM Masjid Al Mujahidin Teungku Idris Abdullah.

Kabag Humas BKM, Teungku Suhaimi A Rahman didampingi Keuchik Fachrial menyebut, Peusijuk adalah salah satu ritual atau prosesi adat dalam budaya masyarakat Aceh, yang merupakan salah satu tradisi sejak zaman dahulu dan masih dilakukan hingga sekarang. 

Dijelaskan, Peusijuk adalah prosesi dimana ungkapan kehormatan terkait budaya adat aceh peresmian penggunaan gudang yang juga dihadiri Keuchik Fachrial, Petuha Tuha Peut Gampong Drs H Suherman Amin dan Tokoh masyarakat Bang Nyakli, sosok tokoh Muslimah termasuk Maimunah yang akrab disapa Kak Mun , Kak Upik dan  seluruh anggota BKM. 

Sebagaimana diketahui, dengan telah dilakukannya prosesi peusijuk menyiratkan bahwa gudang penyimpanan barang gampong resmi digunakan .

Selain itu, seusai peusijuk dilanjutkan rangkaian acara makan bersama namun karena situasi dan kondisi pandemi covid 19 tidak diikuti salam-salaman sebab memang perlu menjaga jarak akan tetapi tidak mengurangi eratnya jalinan persaudaraan. 

Makan bersama dengan daging kibas dan kambing yang dimasak “ Kuah Beulangong “ oleh Teungku Azhari bersama Sulaiman menambah nuansa penyatuan nilai-nilai kearifan lokal dan juga kultur serta religi didalam masyarakat Aceh.

Dan diharapkan dengan telah dilakukannya prosesi peusijuk dan makan bersama gudang penyimpanan barang sudah menjadi bagian masyarakat Geudong-Geudong dan juga menjadi spirit baru didalam gampong untuk mencapai kesatuan dan persatuan yang kokoh.

Penulis : Rizal Jibro

Editor. : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.