Frans Akhirnya Menemukan ‘Tulang Rusuk’-nya

Bacabup Saat Mengunjungi orang Sakit

Sotarduganews, Waropen — Setelah beberapa bulan memproklamirkan diri sebagai kandidat calon Wakil Bupati untuk kabupaten pemekaran tanah leluhurnya Waropen- Papua, Frans, panggilan akrab Gerithz Frans Fredrick Imbiri ini pun akhirnya menemukan tulang rusuknya. Ia dipinang oleh mantan Ketua DPRD, Penehas Hugo Tebai, S.Th, dan keduanya ingin maju ke ‘pelaminan’ alias bertarung di pentas Pemilukada Kabupaten Waropen periode 2020-2024.

Pdt Hugo (bacabup-baju biru) dan Frans (batik merah-bacawabup)

Pertemuan antara dua saudara yang ingin membangun Waropen yang menurut mereka sudah sangat jauh tertinggal dari daerah lain ini bukan sekedar sebuah kebetulan, tetapi harus diyakini sebagai ‘Jalan Tuhan’. Entah ke mana dan dengan cara apa Tuhan membawa dan menghantar mereka pasti akan kelihatan dan indah pada waktunya.

Frans dan Hugo yakin akan memenangkan pertarungan karena perpaduan dua sumber daya yang pas yakni kandidat calon Bupati adalah aktivis Gereja dan Politisi, bergandengan dengan bakal calon Wakil Bupati dari birokrat yang selama ini melanglang buana ke seantero negeri. Hugo adalah putera lokal yang memahami karakter masyarakat dan lingkungan Waropen dengan segala problem yang dihadapi; sementara Frans adalah birokrat di bidang Perhubungan yang hari-harinya selama lebih dari dua dasawarsa bekerja sebagai stirman kapal dan sebagian waktunya di struktural Kementrian Perhubungan yang paham tentang link-link birokrasi kepada siapa harus berkolaborasi dan berkonsultasi untuk membangun dan mengembangkan daerah.

Lewat program yang menjadi visi-misi mereka yakni mengutamakan pembangunan SDM lewat pendidikan dan pelatihan, Kesehatan lewat rumah sakit dan makanan sehat serta lingkungan sehat, tetapi juga bidang Perekonomian lewat penciptaan lapangan kerja dengan memanfaatkan segala potensi baik di pegunungan berupa hutan, buah merah, gaharu dan tambang seperti minyak, gas dan batu-batu mulia. Untuk dataran rendah dikembangkan sawah dan ladang, sementara di pesisir laut berupa ikan, udang dan kepiting serta pengembangan pariwisata. Namun di atas semuanya itu, revolusi mental untuk merobah mentalitas malas, mabok dan santai harus menjadi fokus perhatian agar segera beralih menjadi rajin disiplin dan bertanggung jawab.

Hugo sebagai anggota DPRD Waropen tahun 2004-2009 dan Ketua DPRD Waropen periode 2009-2014 sangat yakin meraih kemenangan. Karena selain dirinya sudah pasti mengenal dan dikenal masyarakat Waropen, tetapi juga sudah sangat pasti mengenal kedua rivalnya Bupati dan Wakil Bupati saat ini yang akan pecah kongsi untuk maju bertarung sebagai incumben merebut Waropen 1 periode 2020-2024. Keyakinan Ketua DPD Partai Nasdem ini pun diperteguh oleh partnernya Frans yang sempat mengenyam pendidikan Barat dan memiliki pengalaman lintas kawasan yang sudah pasti sangat teruji inegritasnya dan memiliki semangat pelayanan yang tinggi.

Penulis : bbm

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.