FKOM UNIKI Gelar Webinar Tentang The Future of Robotic Engineer in Industri 4.0 Era.

Sotarduganews, Bireuen — Sekitar 413 peserta seluruh Indonesia, yang mendaftar dalam kegiatan Webinar FKOM UNIKI dengan tema The Future of Robotic Engineer in Industri 4.0 Era,Kamis, 13 Agustus 2020. 

Kegiatan webinar yang dipandu oleh T. Irfan Fajri, S.Kom., M.M.S.I, salah satu dosen FKOM UNIKI dan sekaligus Ketua Pusat Sistem Informasi Komputer (Pusikom) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia.  

Menghadirkan Founder Komunitas Robot Indonesia & IoT Innovator at Intel, Adi Rahardi, yang sudah dikenal oleh masyarakat IT di Indonesia sebagai Direktur Komunitas Robotik Indonesia. Mara Nugraha, Dosen dan Staff Incubator Business Center (IBC) Universitas Gunadarma.

Dalam sambutan acara Webinar, tersebut, Dekan Fakultas Komputer dan Mutmedia (FKOM) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI), Amri, ST., M.T,  mengucap bersyukur dan sekaligus apresiasi kepada dosen dan mahasiswa FKOM UNIKI telah melaksanakan Webiner tentang masa depan insinyur dalam bidang Robotik. 

Kenapa tidak, di masa covid’19, lanjut Amri, saat ini kita tidak tinggal dalam mencerdaskan masyarakat dengan kemajuan teknologi dan aplikasi komputer saat ini. Seperti saat ini, kita belajar dengan webinar ini menggunakan zoom meet cloud dan conecting dengan youtube.
 
Dalam paparannya, Adi Rahardi, menyatakan bahwa saat ini dan akan terlihat nanti di tahun 2022, banyak pekeraan yang selama ini ditangani oleh manusia, ahli keuangan yang menangani alur masuk uang dan laporan keuangan perusahaaan dikerjakan oleh manusia dengan waktu yang lama.

 Petani yang menjaga ketahanan pangan yang bisa jadi tidak terkendali, dosen mengajar di kelas yang bisa tidak stabil setiap saat, akan tergantikan dengan teknologi komputer dengan software yang dirakit untuk itu dan bantuan dari media robotik.

Sebagai contoh, dalam bertanam cabai, dengan teknologi yang akan growing nantinya, mampu meramu cocok tanam cabai, mampu meracik cara tanam yang terukur dengan kadar tanah, pupuk dan lainnya diprogramkan dengan teknologi komputer secara jelas dan canggih dan termasuk alat yang menanganinya yakni Robot.

Kemudian lanjut Adi, saat ini sudah tampak di beberapa perusahaan multinasional, banyak bantuan teknologi komputer mengerjakan apa yang ada di perusahaan tersebut, yang selama ini serba ditangani manusia. Dibeberapa titik gerbang Tol di Jakarta.

Sudah sebagian pekerjaan ditangani oleh teknologi komputer, Jadi, walaupun dalam hati nurani kita, kata Adi, tidak ikhlas tenaga manusia digantikan dengan teknologi, tetapi hal ini tidak bisa kita hindari.

 Oleh karenanya, bagaimana para pemuda, dan mahasiswa yang akan menjadi tenaga kerja ke depan dapat mampu menguasai teknoogi, agar tidak ketinggalan zamannya kelak, dan ini kemungkinan akan trending pada tahun 2022 nanti. 

Adi juga menyatakan dalam perkembangan di Komunitas Robot Indonesia belakangan ini, komunitas robot mulai mengedukasi mereka untuk tidak hanya menggunakan dan menciptakan robot untuk kontes saja, akan tetapi mendorong juga untuk mengeluarkan ide-ide membuat robot yang dapat berguna di masyarakat. 

Contohnya robot drone, robor aerofi, dan macam-macam. Untuk para mahasiswa dan peminat teknologi robot, dapat belajar dengan mengakses di youtube inovator muda, tutup Adi Rahardi. 

Zerfani Yulias, pembica kedua mengungkapkan di awal era 4.0 lalu, kita lihat bahwa sudah masuk zaman cyber  dengan internet acting, dengan smart factoring, yaitu apapun pekerjaan terhubung dengan internet. Sebagai contoh di pabrik pupuk urea seperti di PIM Aceh dan Pupuk Asean Lhokseumawe.

Beberapa tahapan industri pupuk dikerjakan dengan teknologi komputer, seperti percampuran unsur-unsurnya untuk menjadi pupuk urea, dan lainnya, jelas alumni Universitas Trisakti Jakarta, yang dikenal sebagai Hacker, Maker dan Inovator di bidang aplikasi komputer.

Penulis : Rizal Jibro

Editor. : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.