Festival Oleh-Oleh Tabagsel, Akan Digelar Setiap Tahun Di Kota Padangsidimpuan

Sotarduganews, Padangsidimpuan – Pameran Oleh-Oleh Tabagsel akan di laksanakan untuk yang kedua kalinya di Kota Padangsidimpuan, Pameran yang memasarkan produk-produk rumahan yang dikategorikan kreatif di Tabagsel ini akan di ikut sertakan dalam pameran ini dengan harapan bisa mendongkrak pendapatan para pelaku UMKM Di 5 Kabupaten/Kota se Wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

Ket Fhoto : Ketua Panitia Festival Dr. Kiman Siregar (kiri) dan Pembina Tabagsel Institute Ir. H. Ali Muda Siregar (kanan)

Menurut Ketua Panitia Dr. Kiman, S. TP. M. Si. setelah di gelar Pameran Oleh-Oleh Tabagsel Pertama, bukan saja Promosi Produk Para pelaku industri rumahan meningkat, bahkan tanpa kita duga, pertukaran hasil para pelaku UMKM juga telah terjadi.

“Kita bukan saja membantu mempromosikan hasil daripada usaha rumahan ini, bahkan ada yang sudah menjalin kerjasama sesama para usaha rumahan tersebut, seperti Bolu Salak Kenanga, contohnya, yang sudah menjual Bolu salak, Kripik dan berbagai lainnya mencapai 5 Ton per bulan, disini kita ingin membuat bahwa UMKM itu bukan sekedar budaya, rutinitas tapi harus menjadi Bisnis yang bisa menjadi kreatif “terang Kiman Saat Konperensi Pers,Senin
(10/12/2018).

Menurutnya, hasil yang di jual oleh Bolu Salak Kenanga itu 60% adalah hasil dari para UMKM yang dibeli oleh Bolu Salak Kenanga, kalau Produksinya murni hanya 40%, nah dengan begitu mau tidak mau Stakeholder juga harus mendukung konsep yang ada.

” Ketika para pelaku UMKM sudah kreatif, malu dong pihak Pemda bila tak mendukung, dengan begitu kan sudah riil, otomotis pemilik modal akan percaya dengan usaha yang akan didukung, nah kalau itu terjadi berarti Bisnis sudah berjalan, itulah yang akan terus kita gali dengan diadakannya pameran ini, dan alhamdulillah untuk Pemko Padangsidimpuan sendiri sudah di katakan Pak Walikota Irsan Efendi Nasution, Festival ini akan jadi Agenda tahunan yang akan di adakan setiap tahun”. tutupnya

Ditempat yang sama Pembina Tabagsel Institute sekaligus Pimpinan Bolu Salak Kenanga Ir. H. Ali Muda Siregar mengatakan hal senada, Ianya mengaku Produk yang dijualnya 60% hasil kreatif UMKM di Tabagsel dan ia siap mensuport biaya para pelaku industri rumahan yang kreatif.

“Semenjak Pameran pertama tahun 2017 lalu tujuan kita memang semata-mata untuk meningkatkan Penghasilan para usaha rumahan utamanya di wilayah Tabagsel, disini yang kita cari bagaimana industri rumahan itu dengan modal yang minim namun pemasaran yang cukup tinggi. tutupnya.

Penulis : Ucok Siregar

Editor.   : Redaksi

Mungkin Anda Menyukai