Babinsa Koramil 03/Jeunib Eksis Latih dan Bina Anggota Pramuka SMP, SMA/SMK Wilayah Jeunib Bireuen

Sotarduganews, Bireuen — Kopda Gusli Babinsa Koramil 03/Jeunib Kodim 0111/Bireuen merupakan kopral yang selain sangat peduli terhadap kegiatan masyarakat juga tidak luput kepeduliannya terhadap pendidikan. 

Kopda Gusli tidak asing bagi para guru SMP dan SMA/SMK di Wilayah Jeunib, selalu ikut dalam kegiatan sekolah bersama guru dalam rangka memajukan pendidikan terutama dalam kegiatan wawasan kebangsaan dan kepramukaan membantu sekolah baik diminta maupun tidak. 

Kepala SMPN 1 Jeunib Muhammad Dahlan kepada media ini, Rabu 6 Januari 2021 menyebut, Kopda Gusli dalam rangka membina generasi muda sebagai pewaris dan penerus masa depan bangsa selalu melibatkan diri untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan.

Selain itu Gusli juga aktif dan tidak pernah absen dalam melaksanakan Program Pembinaan Pramuka yang diikuti siswa-siswi pramuka SMPN 1 Jeunib dan para siswa sejumlah sekolah-sekolah lainnya di Jeunib untuk tingkat SMP dan SMA/SMK. 

Dalam pemantauan dirinya Gusli selalu mengarahkan peserta didik dari berbagai sekolah di Jeunib terutama SMPN 1 Jeunib yang berdekatan dengan kantor Koramil. Dan dia juga selalu melakukan pembinaan moral dan akhlak dan karakter para peserta didik tingkatan sekolah SMP, SMA dan SMK dalam wilayah Jeunib.

Peserta didik anggota Pramuka SMPN 1 Jeunib Kabupaten Bireuen banyak mendapat materi dari Kopda Gusli yang merupakan anggota TNI dari Koramil 03/Jeunib di antaranya materi baris-berbaris (PBB), tata cara penghormatan, dan diselingi dengan materi permainan.

Selain materi di lapangan tambah Muhammad Dahlan, Kopda Gusli juga membina para pesedrta didik yang merupakan calon penggalang pramuka dengan pembekalan tentang wawasan kebangsaan dan ancaman perang “ proxy war”.

Kopda Gusli kepada wartawan media ini mengatakan, dirinya membina dan melatih peserta didikdari berbagai sekolah di kawasan Jeunib seperti kegiatan pembinaan kepramukaan merupakan upaya membina dan mengembangkan pendidikan bela negara melalui kepramukaan.

“Hal ini saya lakukan karena saya anggap sangat tepat sebab mereka adalah kaum muda kususnya para pelajar sebagai patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” sebut Kopda Gusli. 

Kopda Gusli (Babinsa), dalam kegiatan tersebut anggota Pramuka SMP dan SMA di Wilayah Jeunib Bireuen diberikan materi pelatihan yang meliputi navigasi darat (Navrat), tali temali (pionering), wawasan kebangsaan, larangan penggunaan narkoba atau obat – obat terlarang lainnya dan imbauan memanfaatkan medsos dengan bijak.

Gusli mengatakan kegiatan yang dilaksanakan itu merupakan bagian integral dari Gerakan Pramuka dan merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalaman Pramuka

Kepala SMPN 1 Jeunib beserta semua guru di sekolah tersebut, mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kopda Gusli Babinsa 03/Jeunib yang telah membina dan melatih anak asuh mereka . 

 “Semoga bekal ilmu kepramukaan yang telah diturunkan kepada anak didik kami oleh Kopda Gusli dapat menjadi bekal dan bermanfaat bagi anak-anak .” pungkas Muhammad Dahlan.

Penulis : Rizal Jibro
Editor : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.