Kepala BPS Bireuen: Tingkat Pengangguran Terbuka di Bireuen Sekitar 8765 Jiwa

Sotarduganews, Bireuen — Tingkat Pengangguran Terbuka di Kabupaten Bireuen, Pengangguran sekitar 8765 jiwa atau 3,88 persen dari jumlah angkatan kerja dan bukan angkatan kerja sebanyak 336.841 jiwa, ujar Dara Dian, SE, kepada media ini, Rabu (24/06) diruang kerjanya.

Ket. Gamb: Dara Dian, SE – Kepala BPS kabupaten Bireuen

Menurut Kepala Badan Pusat Stasistik ( BPS) Kabupaten Bireuen Dara Dian, SE, dalam penjelasannya didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha Fakhri Adi, SP., MSM. bersama Nalyda Yola Althofia,Kepala Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik, kalau diperincikan bahwa dari jumlah Angkatan Kerja 226.030 jiwa .

Ditambah Bukan Angkatan Kerja sekitar 110,811, berarti seluruhnya yang tercatat 336,841 orang hanya sekitar 3,88 persen, Tingkat Pengganguran Terbuka berjumlah 8.765 jiwa,di Bireuen, sedangkan jumlah penduduk di Kabupaten Bireuen sekitar 471,635 dari hasil Stasistik tahun 2019.

Ket. Gamb: Fakhri Adi, SP, MSM. – Kasub Tata Usaha BPS kabupaten Bireuen

Pada 17 Kecamatan yang ada dalam wilayah Kabupaten Bireuen, menjawab untuk tahun 2020 baru dapat kita lihat Tingkat Pengangguran Terbuka ini pada akhir tahun ini, karena sedang diadakan penataan, ujar Dara Dian, SE.

Sementara itu, Sejumlah Warga masyakarat Kabupaten Bireuen saat dihubungi menyambutkan bahwa Bupati Bireuen Muzakkar A Gani, harus dapat menciptakan tenaga kerja untuk bagi pengangkutan Angkatan Kerja tersebut, membuka usaha berbagai kerajinan ibu rumah tangga dan termasuk harus menghidupkan kembali pabrik keramik.

Milik Pemerintah Kabupaten Bireuen di Gampong Juli Tambo Tanjong, lokasi Dusun Meunasah Baro, sudah puluhan tahun terbengkalai sudah jadi besi tua dapat di fungsikan kembali, setidaknya dapat menampung tenaga dari ibu ibu rumahtangga dan para pemuda. ujar Masri Yoga, warga Gampong Juli Tambo Tanjong, Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen.

Penulis : Rizal Jibro

Editor. : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.