209 Warga Desa Mokong Terima BST Tahap Ketiga

Sotarduganews, Sumbawa NTB — 209 Kepala Keluarga Desa Mokong Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat menerima BST ( Bantuan Sosial Tunai ) tahap ke 3 (tiga ). Kegiatan pembagian BST ini dilakukan pihak PT. POS & GIRO Kecamatan Moyo Hulu di mulai pukul 08.00 s/d pukul 17.00 WIB bertempat di ruang Balai Kantor Desa setempat.

Demikian dikatakan Kapten Inf. Triono Budi Waskito, Komandan Rayon Mileter 08 Kecamatan Moyo Hulu di ruang kerjanya kepada Sotarduganews Senin, 13 Juli 2020. Pelaksanaan BST itu didampingi Babinsa, Sertu Muhamad Nur serta staf perangkat Desa.

Menurut Triono, TNI adalah pelindung rakyat dan penjaga kedaulatan Negara maka pihaknya siap setiap saat melayani masyarakat demi keamanan dan ketertiban bangsa. ‘’Dimana ada rakyat disana ada TNI . Oleh karenanya TNI dan Masyarakat bersatu menuju kedaulatan. NKRI harga Mati’’, tegasnya.

Suasana saat penerimaan BST

Komando Sosial Covid -19

Selain menerima bantuan social tunai, lanjut Kapten Triono, didampingi Babinsa Batu Bulan masyarakat senantiasa dihimbau untuk menjaga kesehatan lewat menjadikan budaya sehat pada setiap sisi kehidupannya dalam menghadapi Pandemi Covid -19 yang masih terus mengintai segenap warga masyarakat hingga hari ini. Kampanye Budaya Sehat dikemas dalam acara Komando Sosial Covid-19.

Acara tersebut dihadiri tokoh masyarakat, Ormas dan perangkat Desa Batu Bulan dalam rangka membahas upaya menanamkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan sekaligus dijadikan budaya sehat oleh masyarakat.

Dikatakan Triono, di tengah mewabahnya Virus Corona yang telah menelan jutaan korban saat ini, kewaspadaan dan kehati – hatian sangat perlu ditingkatkan. Pihaknya berharap agar di setiap desa sudah saatnya segenap warga wajib mengikuti Protokol Kesehatan Covid – 19. Karenanya semua anggota Babinsa yang dipimpinnya ditugaskan Tim Komando Sosial dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu.

Ditengarai Triono, materi pembahasan Komsos dengan tema ‘Bahayanya Covid -19 di tengah – tengah masyarakat’, berfokus pada Virus Corona mematikan ini setiap saat mengancam nyawa masyarakat, maka kontak sosial harus di batasi sesuai ketentuan WHO/Badan Kesehatan Dunia.

Di lain pihak Muklis dalam pembahasan pentingnya mejaga kesehatan, mengingatkan pertama, ikuti instruksi Prokol Covid -19, yaitu diam di rumah, kalau sangat penting boleh keluar tapi jangan lupa pakai masker dan sarung tangan. Kedua, tetap jaga pola hidup sehat, gunakan air bersih untuk mencuci tangan, gunakan sabun anti seftik, konsumsi suplemen seperti Vitamin C dan Vitamin B komlek ditambah budayakan makan sayur, buah, ikan serta jangan lupa istirahat yang cukup.

Ketiga, jaga jarak, hindari grombolan atau berkumpul paling aman jarak 1 meter, jangan lupa masker, septy sistem. Keempat, bagi warga yang pulang dari luar negeri segera melaporkan diri ke petugas Tim Protokol Covid -19 tingkat kecamatan dan atau tingkat Desa dan siap karantina diri selama 14 hari ( Karantina Mandiri ).

Penulis : Junaidy Messa
Editor : bernad

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.