1000 H Sawah di Bireuen, Ditanami Padi Sistim 15x15x4+1 Pada Dua Kecamatan

Sotarduganews, Bireuen — Sekitar 1000 hektar sawah petani pada dua Kecamatan Jeumpa dan Samalanga Kabupaten Bireuen ditanam padi musim tanam gadu, dengan sistim 15x15x14+1, selama kurun waktu 15 hari, untuk memacu padi yang sudah ditanam lebih awal 

Hal ini dijelaskan, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bireuen Muhammad Nasir, SP, MSM, dalam keterangan kepada media ini, Rabu (29/07), menyebutkan bahwa tanam padi ini milik petani kerja sama Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh dengan Kodam Iskandar muda.

Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di tengah kasus pandemi virus corona atau Covid-19 ini, diwilayah Kodim 0111/ Bireuen, keterlibatan anggota Tentara Nasional Indonesia dalam kerja sama mampu mengharapkan semangat petani dalam penggolahan sawah.

Bagi petani secara profesional, sehingga Kabupaten Bireuen menjadi penyangga ketahanan pangan di tengah pendemi yang mengancam Bireuen dalam hal ini lebih diterapkan , tekhnologi penerapan inovasi kepada petani, nanti keberhasilan rata rata mendapatkan hasil sekitar 5,6 sampai 6,5 /ton, gabah kering panen mungkin kita genjot sampai 7 dan 8/ ton, kata M Nasir.

Menggunakan elsintan pertanian, petani hemat tenaga dan biaya, mandiri pertanian semakin maju pula, apalagi dilibatkan 15  Gampong pada dua kecamatan tersebut termasuk pula Kelompok Tani dengan cara membantu benih 25 kg/hektar dan pupuk sekitar 50 kg/ hektar.

Agar program ini, berhasil diharapkan kepada ketua Kelompok Pertanian, Keusyeik, Camat, Babinsa PPL, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian, Danramil juga instansi terkait lainnya harus serjinitas, dalam dukungan progam pangan ini.

Pola tanam cepat secara langsung, terget pelaksanaan kegiatan 15 hari kerja dengan penggunaan rumus 15x15x14+1, ujar  Muhammad Nasir.

Penulis : Rizal Jibro

Editor : red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.